Dalam rangka mengembangkan diri ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu Karakter dan Kepribadian. Di tingkat satuan pendidikan semua jenjang, utamanya pendidikan dasar dan menengah pembelajaran peningkatan Karakter telah dicanangkan melalui kurikulum merdeka dengan nama Project Penguatan Profil pelajar Pancasila yang sering disebut dengan istilah P-5. Di project ini sudah ditentukan 6 Dimensi atau 6 karakter yang perlu dan harus diajarkan di setiap sekolah melalui kegiatan project-project dengan tema yang sudah ditentukan, yaitu ada 7 tema. Kami rasa semua pembaca sudah tahu apa itu 6 Dimensi dan 7 Tema, kami tidak membahas hal tersebut karena sudah jelas di sana diberikan modu-modul oleh kementrian pendidikan kita yang siap digunakan. Atau sekiranya kurang pas dengan modul tersebut, sekolah bisa mengadaptasinya sesuai kebutuhan.
Hal diatas merupakan upaya pengembangan karakter bagi siswa, lalu bagaimana upaya pengembangan Kepribadianya? sebelum lebih jelas mengulas hal tersebut perlu di garis bawahi bahwa mengajarkan karakter tidak semudah mengajarkan pelajaran yang berupa pengetahuan atau Hardskill karena karakter masuk Softskill, lalu bagaimana cara mengajarkan Softskill? tentunya guru yang mengajar karakter atau kepribadian harus dibekali ilmu strategi pembelajaran, yang fokus pada mengajarkan softskill, gimana cara dan langkahnya? Buku di atas akan memberikan langkah-langkah cara mengajarkan Karakter melalui pemahaman Softskill terintegrasi. Doakan segera terbit.